JavaFX Authoring tool vs Adobe Flash


Jika anda pernah menggunakan Adobe/Macromedia Flash, anda akan melihat beberapa kesamaan dengan yang ada pada JavaFX. Misalkan beberapa istilah pada Flash seperti Stage, Scene atau Timeline, dikenal juga di JavaFX sebagai objek/tipe data. Fungsi objek-objek ini  pun memang sama dengan yang ada di Flash. Namun memang Flash sebagai aplikasi design menyediakan kemudahan penggunaan objek-objek tadi sebagai bagian dari development tools-nya, sehingga penggunaan beberapa objeknya tinggal klik dan drag.

Jadii… sementara ini jika anda ingin memahami gambaran atau bagaimana menggunakan objek-objek dalan JavaFX seperti Stage, Scene, Timeline atau Shape, Anda bisa mencoba Flash terlebih dahulu, karena implementasi tool pada Flash sama dengan implementasi objek-objek tadi pada JavaFX.

Tapiii…. jika anda belum pernah mencoba Adobe Flash atau belum memilikinya, mungkin anda harus bersabar untuk bisa mencoba tool seperti yang dimiliki oleh Flash pada JavaFX, dimana penggunaanya tinggal klik dan drag. Kenapa? karena JavaFX dalam waktu dekat akan mengeluarkan JavaFX Authoring Tools. Teknologi ini nantinya mirip dengan Adobe Flash atau bahkan mungkin bisa juga menyaingi Adobe After Effect juga hmmmm……. keren abis klo kyk gt, bisa jadi yah karena saya sendiri belum nyoba juga, hmm penasaran juga untuk segera mencobanya….

Tapi sebagai contoh anda bisa melihat demo nya yang ditampilkan pada JavaOne Conference 2009, silahkan lihat di bawah ini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: